Cream Pemutih Kulit Badan Permanen Aman

Dewasa ini ada berbagai macam produk cream pemutih badan di pasaran. Meski dilabeli dengan kata aman, kita sebagai konsumen harus tetap berhati-hati dan selalu berusaha untuk pandai memilih produk yang tepat. Menjamurnya produk pemutih badan ini pastinya tidak bisa dilepaskan dari pengaruh berbagai macam iklan yang menyimbolkan bahwa perempuan cantik adalah yang memiliki kulit putih.
Sayangnya, kulit perempuan Indonesia pada umumnya adalah sawo matang atau coklat. Hal inilah yang mendasari berbagai produsen berlomba-lomba untuk menciptakan produk sabun, pelembab, bedak, masker, lulur dan lainnya yang menawarkan hasil instan untuk memutihkan tubuh. Disinilah kita harus benar-benar meneliti terlebih dahulu apakah krim pemutih badan yang kita pilih benar-benar aman atau tidak. 

Jika ingin meminimalisir efek negatif pada kesehatan kulit maka kita bisa memilih untuk melakukan cara tradisional untuk memutihkan kulit. Salah satu cara yang popular untuk digunakan adalah dengan menggunakan lulur. Sekarang ini bahkan sudah banyak cream pemutih badan yang menggunakan bahan-bahan tradisional. Kita tinggal pintar-pintar mencermati bahan yang digunakan untuk menghindari efek samping di kelak kemudian hari.

Cream pemutih tubuh yang aman untuk digunakan biasanya akan menggunakan beberapa bahan dasar alami antara lain arbutin, kojic acid, alfa hydroxyl acid, mulberry, beta hycroxy acid dan lainnya. Harus diakui mayoritas produk krim pemutih kulit yang beredar di pasaran menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Bahan-bahan ini seringkali menimbulkan berbagai masalah kulit akibat penggunaan yang terus menerus.

Hindarilah krim pemutih yang memiliki kandungan bahan berbahaya. Bahan-bahan yang berbahaya antara lain merkuri, hydroquinone dan tretinoin atau AHA. Bahan-bahan ini bahkan sudah dilarang untuk digunakan oleh pemerintah meski masih banyak produsen yang menggunakannya. Merkuri dilarang karena meski bisa menghilangkan noda dengan cepat dan mencerahkan warna kulit namun membawa dampak berbahaya bagi kesehatan kulit.

Tidak hanya membahayakan kesehatan kulit, merkuri juga bisa meracuni sistem saraf serta ginjal. Hidroquinon sendiri bisa membuat kulit kita menjadi iritasi. Tidak hanya itu, zat ini juga bisa menimbulkan semacam ketergantungan sehingga jika kita berhenti memakainya maka noda pada kulit akan kembali. Bahan terakhir yang juga dilarang penggunaannya adalah tretinoin atau AHA.


Tretinoin bisa menghilangkan seluruh sel kulit mati yang mengandung pigmen. Akibatnya kulit akan mengalami iritasi dan menjadi lebih sensitif.  Akan lebih baik jika selalu meneliti dulu kemasan dari produk krim pemutih yang kita pilih. Teliti nomor registrasi, peringatan efek samping, informasi penggunaan secara detil dan juga informasi produsen. Informasi produsen sendiri sangat penting karena kita bisa mengetahui apakah produk yang dijual sudah terbuat dengan proses yang tepat dan menggunakan bahan aman atau tidak.
Pencantuman tanggal kadaluwarsa yang detil juga sangat penting. Jangan pernah langsung percaya dan membeli cream pemutih yang dilabeli aman jika tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa dengan benar. Selain itu usahakan untuk menggunakan produk cream pemutih aman yang juga dilengkapi dengan tabir surya. Pastikan bahwa tabir surya yang dipakai adalah minimal SPF 15 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Bahan SPF yang aman untuk kulit adalah zinc oksid, avobenzone dan titanium dioksid.
Demikian artikel tentang  Cream Pemutih Kulit Badan Permanen Aman. temukan artikel menarik lainnya antara lain di Cara Membuat Whitening Cream Alami

Back To Top