Kenali Ciri Suplemen Pemutih Kulit Berbahaya

Harus diakui bahwa ada berbagai suplemen pemutih kulit yang beredar di pasaran. Tidak semua produk suplemen yang ada bisa cocok dan bermanfaat bagi kulit kita. Untuk itu, kita perlu untuk memilih produk suplemen pemutih mana yang aman dan mana suplemen pemutih kulit berbahaya. Pintar memilih produk yang aman digunakan sangat penting agar kita bisa memperoleh hasil yang diinginkan. 

Berikut ini adalah beberapa ciri suplemen pemutih kulit berbahaya:

Terbuat dari bahan kimia
Jika produk suplemen berbahan alami akan bisa diterima oleh tubuh secara alami maka produk yang terbuat dari bahan kimia pastinya akan memicu reaksi tubuh. Biasanya, penggunaan bahan-bahan kimia akan mengakibatkan adanya efek samping ataupun reaksi pada kulit. Beberapa contoh reaksi yang mungkin timbul akibat penggunaan bahan kimia antara lain peradangan pada kulit, kemerahan, gatal-gatal atau bahkan pada kulit yang lebih sensitif bisa mengalami rasa seperti terbakar.

Suplemen pemutih yang termasuk dalam kategori berbahaya biasanya akan terbuat dari berbagai bahan kimia berbahaya antara lain merkuri dan hiroquinon. Merkuri sendiri adalah jenis bahan kimia yang bisa mengganggu pigmen kulit, meningkatkan sensitivas kulit sehingga kulit akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Dalam skala yang lebih ekstrim malah sampai bisa memicu kanker.

Tidak memiliki lisensi BPOM
BPOM adalah badan yang berwenang untuk mengawasi dan mengedarkan makanan serta obat-obatan. Memilih suplemen yang tidak memiliki nomor registrasi BPOM hanya akan membahayakan kondisi kulit kita karena produk ini belum lulus uji BPOM yang meliputi bahan-bahan yang digunakan serta proses pembuatannya. Tanpa nomor ini maka kita tidak bisa memastikan apakah produk ini aman untuk digunakan.

Menimbulkan alergi dan efek samping
Suplemen untuk pemutih kulit biasanya akan menimbulkan beberapa reaksi alergi atau efek samping antara lain kepala pusing, gatal-gatal dan rasa panas di wajah. Reaksi ini dipicu oleh adanya penggunaan bahan kimia yang cenderung menimbulkan reaksi keras pada kulit. Reaksi yang lebih ekstrem biasanya akan bisa terlihat pada pengguna yang memiliki kulit sensitif.


Menimbulkan ketergantungan
Salah satu ciri produk suplemen berbahaya adalah timbulnya ketergantungan untuk mengkonsumsi. Jika tidak dipakai maka pengguna akan merasa tubuh lemas atau reaksi lainnya. Dengan sendirinya akan memicu ketergantungan yang memaksa pengguna untuk terus menggunakan suplemen ini. Hal ini justru akan menumpuk bahan kimia dalam tubuh yang memicu reaksi lebih berat nantinya setelah pemakaian yang terus menerus.

Menjanjikan hasil instan
Tidak ada produk berbahan alami yang bisa memberikan hasil secara instan. Produk berbahan kimia biasanya akan bisa memberikan hasil instan karena adanya berbagai macam bahan kimia di dalamnya. Secara tidak langsung, hasil instan ini bisa didapatkan karena kerusakan pigmen kulit akibat penggunaan bahan kimia sehingga hasil instan yang didapatkan bukanlah kulit putih yang sehat tapi warna putih yang pucat.

Demikian artikel tentang  Kenali Ciri Suplemen Pemutih Kulit Berbahaya. Temukan artikel menarik lainnya di Ciri-ciri Obat Pemutih Wajah Alami.

Back To Top