Manfaat Lulur Tradisional untuk Memutihkan Kulit

Lulur adalah salah satu metode perawatan yang kerap dilakukan untuk menjaga kecantikan kulit. Salah satu yang paling aman untuk dilakukan adalah dengan rutin memakai lulur tradisional untuk memutihkan kulit. Disebut aman karena efek samping yang ditimbulkan sangat minim tidak seperti lulur dengan bahan kimia. Kita bahkan bisa menemukan lulur berbahan alami di pasaran dengan mudah.

Saat membeli produk lulur berbahan herbal sebaiknya kita memastikan bahwa produk ini memiliki sertifikat BPOM untuk memastikan keamanannya. Jika memiliki waktu luang akan lebih baik jika kita bisa membuat sendiri lulur tradisional untuk memutihkan kulit.  Salah satu bahan alami yang umum digunakan adalah beras. Beras dijadikan pilihan karena adanya kandungan Vitamin B, E dan squalance oil yang sanggup memutihkan tubuh kita secara alami. 

Lulur beras
Jenis beras yang paling baik untuk membuat lulur adalah beras Jepang. Proses pembuatannya cukup mudah. Kita hanya perlu untuk mencuci beras Jepang baru kemudian meniriskannya sampai airnya habis dan benar-benar kering. Tumbuk  beras, tambah air mawar, campur lalu bentuk kecil-kecil dan keringkan. Saat ingin memakai, ambil butir beras kering lalu campur dengan air. Oleskan pasta beras ke bagian kulit lalu diamkan selama 30 menit sampai kering baru bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk  berbahan halus.


Lulur tomat dan jeruk nipis
Tomat dan jeruk nipis dipilih untuk membuat lulur tradisional karena kandungan Vitamin C nya yang cukup tinggi untuk melawan radikal bebas. Secara alami, kulit akan terlihat lebih putih dan bersih alami. Untuk membuatnya kita cukup menyiapkan tomat dan jeruk nipis ukuran besar. Potong, blender, tambah perasan jeruk dan aplikasikan. Diamkan sampai kering baru bilas dengan air.  

Lulur bengkuang
Bahan alami lainnya yang umum digunakan sebagai bahan lulur tradisional adalah bengkuang. Hal inilah yang menyebabkan bengkuang juga banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit. Kita hanya perlu untuk memarut bengkuang lalu oleskan parutan ini sebagai lulur. Biarkan selama beberapa saat baru kemudian bilas dengan air bersih.

Lulur kunyit
Kunyit sebagai lulur tradisional bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi alergi, melawan bakteri, kuman dan jamur karena kandungan antioksidannya.

Lulur kencur
Kencur dapat digunakan sebagai bahan lulur alami karena selain menghaluskan kulit tapi juga menghangatkan badan. Iritasi kulit dan bau badan juga bisa diatasi dengan bahan yang satu ini. 

Teh  hijau, coklat, susu dan kopi
Semua bahan sangat bermanfaat untuk memutihkan kulit. Kopi tidak hanya bisa memutihkan kulit tapi juga bisa membuang racun dalam tubuh, melancarkan peredaran darah dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Teh hijau bisa berfungsi sebagai antioksidan sementara coklat bisa memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan meremajakan kulit. Susu bisa memutihkan dan menghaluskan kulit.

Lulur kunyit memerlukan tambahan minyak esensial dan tepung beras. Lulur kopi akan membutuhkan tambahan minyak zaitun sebagai campurannya. Sebaiknya lulur tradisional dipakai sebelum mandi. Saat mandi, tidak lagi diperlukan sabun karena aroma lulur masih ada. Lakukan luluran dengan bahan tradisional selama 1 kali dalam seminggu untuk memutihkan kulit tubuh secara permanen.

Back To Top