Mengenali Ciri Cream Pemutih Wajah Berbahaya

Memiliki kulit yang putih pastinya menjadi dambaan bagi setiap wanita namun kita tetap harus berhati-hati saat memilih agar tidak salah membeli cream pemutih wajah berbahaya. Salah satu zat yang biasanya digunakan pada pembuatan krim pemutih berbahaya adalah merkuri. Memang bisa memberikan efek yang instan tapi juga membawa berbagai dampak negatif bagi kesehatan kulit.
Pengguna kosmetik yang berbahan merkuri akan sangat riskan untuk menderita kerusakan lapisan kulit permanen, kerusakan system syaraf bahkan penyakit-penyakit kronis lainnya seperti kanker, kerusakan otak dan juga gagal ginjal. Untuk menghindari berbagai macam efek samping dari pemakaian cream pemutih berbahaya maka sebaiknya kita mencermati beberapa ciri cream pemutih wajah berbahaya berikut ini: 

Tidak memiliki ijin BPOM
BPOM adalah lembaga yang berwenang atas produk obat dan makanan. Produk yang memiliki sertifikat BPOM pastinya adalah produk yang telah lulus uji klinis sehingga akan aman untuk digunakan. Oleh karena itulah sebaiknya kita menghindari produk krim pemutih yang tidak memiliki nomer BPOM. Lakukan pengecekan pada situs BPOM untuk memastikan keabsahan produk.
Hindari krim dengan warna yang terlalu mencolok
Biasanya cream pemutih yang berbahaya akan memiliki warna yang terlalu mencolok. Hal ini diakibatkan adanya pemakaian zat pewarna berbahaya.
Kenali tekstur krim pemutih yang berbahaya
Krim pemutih yang palsu atau berbahaya biasanya akan cenderung bertekstur lengket dan terasa kasar saat dipakai.
Hindari krim dengan bau yang menyengat
Jika saat dicium ada aroma logam maka sebaiknya tidak kita pakai. Seringkali produsen nakal akan menyamarkan aroma logam ini dengan pemberian parfum yang memiliki aroma tajam.
Perhatikan efek saat pemakaian
Jika kulit terasa perih, gatal, panas atau memerah maka sebaiknya kita hindari karena ini adalah salah satu indikasi bahwa produk pemutih ini menggunakan bahan yang tidak bisa ditolerir oleh kulit.
Menimbulkan warna kulit yang tidak normal
Jika setelah memakai produk krim pemutih berbahaya kulit mulai memerah jika terkena sinar matahari maka hentikan pemakaian. Hal ini adalah pertanda adanya kerusakan pada lapisan kulit sehingga akan meningkatkan sensitivitas kulit.
Kulit berwarna tidak normal
Seringkali kita jumpai orang yang memiliki kulit yang terlampau putih dan cenderung tidak normal setelah memakai produk krim pemutih tertentu. Hasil yang umum dan bisa dengan mudah dilihat adalah kulit yang menjadi sangat putih dan pucat.

Hasil instan
Jangan pernah mengharapkan hasil yang instan tanpa proses karena pastinya tidak akan permanen dan juga memiliki berbagai efek samping. Biasanya, hasil instan yang didapat adalah karena adanya bahan merkuri atau hidrokuinon.
Menyebabkan ketergantungan
Cream pemutih berbahaya biasanya akan menimbulkan efek ketergantungan bagi pemakainya. Saat dipakai, wajah akan tampak putih tapi begitu pemakaian dihentikan maka wajah akan menggelap. Hal ini berbahaya karena ketergantungan yang timbul akan membuat pemakai tanpa sadar menumpuk timbunan racun dalam jaringan kulit.
Demikian artikel tentang Mengenali Ciri Cream Pemutih Wajah Berbahaya. Temukan artikel menarik lainnya antara lain Cream Pemutih Kulit Badan Permanen Aman

Back To Top