Pro Kontra Ponds sebagai Pemutih Wajah

Masih ingat dengan berita yang menyebutkan bahwa ada beberapa produk kosmetika yang bahkan cukup dikenal telah ditarik dari peredaran BPOM. Sehubungan dengan adanya kekhawatiran akan adanya berbagai kosmetik dengan bahan kimia berbahaya maka keberadaan PONDS pemutih wajah juga turut dipertanyakan mengingat beberapa produk PONDS dan OLAY ada yang ditarik dari peredaran.

Produk PONDS pemutih wajah yang ditarik dari peredaran adalah PONDS Age Miracle yang diproduksi di Thailand dan Singapore. Penarikan ini dilakukan sesuai dengan rujukan yang terdapat pada edaran BPOM. Lebih lanjut, produk PONDS juga sempat dikabarkan memiliki kandungan bahan-bahan berbahaya. Produk tersebut adalah lipstick, two way cake pink dan colorful eye shadow. Meski demikian, berita ini masih diragukan mengingat PONDS mengklaim tidak pernah mengeluarkan produk-produk tersebut.
Meski mengalami penarikan pada produk tertentu, produk PONDS lainnya seperti white beauty, flawless white, clear solution, facial foam, age miracle, perfect  matte dan gold radiance masih dianggap aman karena telah terdaftar di BPOM. Cukup pastikan bahwa produk yang kita gunakan tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang telah dilaran karena efek sampingnya yang membahayakan seperti merkuri dan hidrokinon.

Kosmetik dengan kandungan merkuri bisa menimbulkan pengelupasan kulit. Hydroquinon juga bisa mengakibatkan gangguan hormon, ketidakmerataan warna kulit dan kerusakan kulit. Terbiasa menggunakan produk PONDS? Cukup pastikan bahwa produk yang kita pakai terdaftar dalam BPOM karena ada banyak produk palsu yang beredar di pasaran. Cermati juga kandungan komposisi bahan yang digunakan agar tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan kulit.

Seringkali ada banyak kasus dimana pemakaian PONDS bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi, panas dan kemerahan. Hal ini tidak terlepas dari kondisi kulit dari masing-masing pengguna. Cobalah terlebih dahulu untuk mengaplikasikan produk di kulit tangan sebelum menerapkannya di bagaian wajah untuk melihat reaksi alergi yag mungkin timbul.

Hal yang patut diperhatikan lainnya adalah resiko pemalsuan. Tak jarang barang-barang dengan merek-merek palsu ternama beredar di luas di pasaran. Oleh karena itulah kita perlu mengecek nomor registrasi BPOM. Pastikan bahwa produk yang kita gunakan tidak memiliki kandungan merkuri, hydroquinone dan Asam retino acid karena memiliki efek samping yang merusak kesehatan kulit bahkan sampai bisa mengakibatkan kanker.

Merkuri sendiri telah jelas-jelas dilarang untuk digunakan karena efeknya yang merusak pigmen kulit. Sementara hydroquinone masih diperbolehkan asal masih berada dalam batas maksimal yaitu 2% atau dibawah pengawasan dokter. Asam retino acid sendiri haruslah dipakai sesuai dengan resep dokter sehingga dilarang untuk diperjual belikan dengan bebas karena efek sampingnya yang berbahaya bagi kondisi alami kulit.

Meski demikian ternyata ada berbagai cara untuk mengidentifikasi kosmetik yang mengandung merkuri. Biasanya produk yang mengandung merkuri akan memiliki bau yang lebih menyengat dengan bau khas logam atau parfum, warnanya juga berkilau. Warna putih yang didapat bukanlah warna putih yang alami melainkan putih pucat. Tidak hanya itu, rasa gatal juga biasanya akan timbul di awal pemakaian. Sensitifitas terhadap sinar matahari juga akan lebih terasa.
Demikian artikel tentang  Panduan Memilih Sabun Pemutih Wajah. Dapatkan panduan lainnya tentang kecantikan di Ragam Sabun Pemutih Badan Aman

Back To Top