Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

Siapa orangnya yang belum kenal dengan madu? Hasil olahan dari hewan lebah ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan madu telah lama dipakai dalam metode penyembuhan sariawan secara alami maupun meningkatkan imunitas bagi anak. Ternyata madu juga menyimpan potensi besar bagi kesehatan lainnya. Salah satunya adalah keefektifan cara menghilangkan jerawat dengan madu dan menjaga kebersihan wajah kita.

Sebagian besar dari kita mungkin belum banyak mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan madu. Faktanya, madu ternyata tidak hanya bisa diolah menjadi minuman sehat yang nikmat tapi juga mengatasi masalah jerawat pada remaja dengan rentang usia 15 sampai dengan 20 tahun ke atas. Selain mengetahui apa metode alami mengatasi jerawat, kita juga harus mengetahui pencegahannya dengan menghindari pemicu timbulnya jerawat.

Ada beragam faktor yang bisa menimbulkan jerawat antara lain tipe kulit yang berminyak, pengelupasan kulit yang tidak teratur, pola hidup yang kurang baik serta kotoran atau bakteri. Jika jerawat terjadi pada usia remaja maka penyebab terbesarnya adalah peningkatan hormon. Selain cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan madu, kita juga bisa mengkonsumsi banyak air putih, perawatan rutin dan buah-buahan untuk mencegah jerawat timbul.

Madu ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan wajah antara lain menjaga kelembapan kulit, menangkal serangan radikal bebas, memperlambat proses penuaan dini dan membersihkan kulit secara alami. Dengan sendirinya madu juga akan sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar, mencegah timbulnya keriput serta garis-garis halus pada wajah kita.

Meski sangat bermanfaat, kita juga harus berhati-hati dalam memilih madu. Pastikan bahwa madu yang kita pilih adalah madu asli. Setelah itu baru kita bisa memulai proses menghilangkan jerawat dengan madu. Cuci muka dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Membuka pori-pori akan mempermudah kita untuk memastikan tidak ada debu ataupun kotoran yang menempel di wajah.


Keringkan wajah dengan kapas atau tisu halus. Hindari penggunaan handuk karena terkadang kebersihan handuk kurang terjaga kecuali kita memiliki handuk khusus untuk perawatan wajah. Ambil madu dan oles-oleskan ke seluruh permukaan wajah sampai merata. Jangan terlalu banyak, sedikit saja tapi pastikan telah benar-benar merata. Diamkan sekitar 5 menit agar meresap. Setelah 5 menit, oleskan madu lagi sebagai lapisan yang kedua.

Biarkan olesan madu tetap di wajah selama sekitar 15 sampai dengan 30 menit sampai benar-benar mengering. Saat madu mengering, kita bisa membersihkan wajah dengan menggunakan sabun wajah berbahan herbal. Lakukan perawatan dengan madu ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Meski demikian, kita tidak boleh lupa untuk selalu membersihkan wajah setiap hari baik sebelum ataupun sesudah beraktivitas. Hal ini penting mengingat wajah yang bersih akan terhindar dari jerawat. 
Demikian artikel tentang  Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu. Temukan artikel menarik lainnya di Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Back To Top