Cara Menghilangkan Jerawat di Photoshop

Ingin memiliki foto wajah yang putih bersih dan mulus meski memiliki masalah dengan jerawat? Kita bisa mencoba cara menghilangkan jerawat di photoshop. Program komputer yang satu ini bisa kita gunakan untuk mengolah foto dan membersihkan berbagai masalah pada tampilan wajah seperti tahi lalat, kutil ataupun bercak hitam. Masih beranggapan bahwa cara ini sulit untuk dilakukan? Sebenarnya cukup mudah karena sudah ada beberapa tool yang bisa dipakai. 

Cara menghilangkan jerawat di photoshop pada umumnya sama baik kita menggunakan photoshop 7, CS, CS2, CS3, CS4 ataupun CS5 yang dirilis akhir-akhir ini. Dikatakan serupa karena pada masing-masing versi photoshop pasti akan tetap ada beberapa tool wajib untuk melakukannya. Tool yang dimaksud adalah tool default photoshop. Kita hanya perlu untuk menggunakan patch tool dan spot healing brush tool untuk melakukannya.
Penasaran bagaimana cara kerjanya? Kita bisa mencermati tahapan demi tahapan yang diperlukan melalui cara-cara dibawah ini:

Menghilangkan jerawat dengan spot healing brush tool
Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam menghilangkan jerawat dengan menggunakan spot healing brush tool adalah mempersiapkan gambar ataupun foto yang ingin kita edit dalam program adobe photoshop. Jika masalah jerawat yang ada tidak terlalu banyak atau letaknya tidak pada bagian lekukan dengan warna kontras maka kita tinggal menggunakan patch tool pada fitur adobe photoshop.

 

Langkah pertama adalah membuat seleksi dengan menggunakan patch tool baru kemudian memindahkan seleksi tersebut ke daerah tujuan untuk menimpa daerah wajah yang berjerawat atau bermasalah. Cobalah untuk melingkari bagian wajah yang berjerawat dengan cara mengklik lalu drag atau tahan dan geser. Pastikan lingkaran untuk mengelilingi daerah yang berjerawat atau bermasalah agak melebar dari aslinya. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai hasilnya sempurna.

Jika hasil yang didapat dirasa masih belum memuaskan terutama di bagian lekukan dan perbedaan warna yang kontras seperti di bagian mata atau hidung maka spot healing brush tool bisa digunakan. Pertama-tama kita tinggal memilih spot healing brush tool yang berada di list yang sama dengan patch tool baru kemudian copy layer yang ada dengan cara shortcut keyboard atau tekan CTRL+J. Klik kanan pada layer gambar lalu pilih duplicate layer dan akhiri dengan menekan ok.

Kemudian pilih mode creature texture lalu mulai gunakan spot healing brush tool dengan cara menekan, klik lalu klik lagi. Lakukan terus menerus selama beberapa kali sambil terus menyesuaikan alurnya. Jangan lupa untuk juga mengklik bagian-bagian teksture wajah yang lainnya agar hasilnya bisa terlihat bagus dan  rata. Selain itu, hal ini juga sangat efektif untuk menghindari timbulnya foto yang blur.

Lanjutkan dengan mengubah fill yang ada pada copy atau layer paling atas menjadi 50% atau yang sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah selesai maka kita bisa menyimpan source psdnya dengan menekan tombol keyboard CTRL+S dan mengklik OK. Jika ingin disimpan dan dilihat langsung oleh windows picture, fax viewer atau ACDSee maka kita tinggal menyimpannya dalam format JPEG atau PNG. Caranya adalah menekan tombol CTRL+SHIFT+S, pilih format yang diinginkan dan tekan OK.

Back To Top