Cara Mengatasi Dan Mengobati Jerawat Batu

Munculnya jerawat batu di areal wajah memang sangat menjengkelkan. Kehalusan kulit akan hilang, karena ditumbuhi jerawat dalam jumlah banyak yang terkadang sulit diatasi.

Jangan berhenti untuk mencoba menyembuhkan permasalahan kulit wajah tersebut. Anda bisa menerapkan cara mengatasi jerawat batu secara alami dan terbukti ampuh, yang akan kami bahas di bawah ini.

Cara yang sebaiknya ditempuh adalah pengobatan dari luar dan juga dari dalam. Sehingga proses penyembuhan jerawat batu lebih cepat dan tetap aman tanpa efek samping.


Tips mengobati jerawat batu dari luar


Sejumlah bahan alami berikut ini bisa Anda terapkan dalam terapi sebagai cara mengobati jerawat batu yang terbukti efektif.

Belimbing Wuluh. 

Caranya dengan mengiris secara melintang sejumlah belimbing wuluh . Kemudian mengoleskannya di bagian wajah yang terdapat jerawat batu.

Diamkan beberapa saat sampai ramuan ini kering, setelah itu baru dibilas memakai air bersih.

Khasiat dari belimbing wuluh ini adalah untuk mengatasi peradangan, sekaligus untuk memperkecil pori-pori kulit akibat jerawat batu.

Jeruk Nipis. 

Satu jeruk nipis dicampurkan dengan madu dengan takaran satu sendok makan. Kemudian dioleskan di wajah secara merata.

Terapkan cara ini selama 30 menit sebelum tidur di malam hari. Setelah itu dibilas dengan air hangat dan setelah kering dibilas lagi memakai air dingin. Terapkan cara ini sampai jerawat batu benar-benar sembuh.

Daun Pepaya.  

Ambil daun pepaya yang agak tua sebanyak dua lembar untuk dijemur hingga kering. Kemudian menumbuknya sampai halus, lalu ditambahkan dengan air hangat sebanyak satu sendok makan.

Aduk kedua bahan itu sampai merata dan dioleskan kepa bagian wajah dengan merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan dibilas memakai air bersih setelahnya.

Terapkan cara ini setidaknya tiga kali dalam seminggu sampai jerawat benar-benar sembuh. Getah pepaya muda dapat juga dipakai untuk mengatasi jerawat batu. Caranya dengan meneteskannya di bagian jerawat batu sampai getah kering  dan membilasnya dengan air bersih.


Tips mengobati jerawat batu dari dalam


Agar proses penyembuhan  jerawat batu berlangsung lebih efektif dan cepat. Berbagai cara menyembuhkan jerawat batu berikut ini sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Kunyit.

Sebanyak tiga ruas kunyit diparut dan diseduh memakai air panas dengan takaran setengah gelas. Selanjutnya biarkan sekitar 15 menit agar menjadi hangat, baru setelahnya disaring.

Tambahkan satu sendok madu agar citrasanya lebih nikmat. Cara ini bisa diterapkan sehari sekali, sehingga khasiatnya bisa terasa.

Temu Lawak. 

Bahan herbal ini terkenal efektif untuk menyembuhkan penyakit dalam, termasuk menyembuhkan jerawat batu.

Ambil dua ruas dan mengirisnya tipis-tipis dan ditambah dengan dua ruas asam jawa. Gula jawa atau gula merah juga bisa ditambahkan dengan takaran secukupnya.

Selanjutnya merebus ramuan itu dengan empat gelas air sampai airnya tersisa sekitar dua gelas. Setelah ramuan itu terasa hangat atau dingin bisa disaring agar air lebih bersih.

Minum ramuan herbal ini dua kali dalam sehari sampai jerawat baru menghilang.

Yogurt. 

Minuman ini terbukti bisa mencegah berkembangnya bakteri yang mengakibatkan jerawat baru. Anda bisa meminumnya sekali hingga dua kali dalam sehari.

Selain itu sangat disarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan tinggi kalium seperti pisang. Karena kalium dapat mencegah bakteri untuk berkembang biak. Dengan begitu jerawat batu secara perlahan bisa disembuhkan dari dalam tanpa efek samping berbahaya. Bahkan tubuh akan terasa semakin sehat, karena mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Back To Top