Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat Secara Alami

Kehadiran jerawat di wajah akan merusak penampilan, meskipun bentuknya kecil. Jerawat merupakan peradangan yang diakibatkan penyumbatan karena kotoran pada pori-pori kulit.

Minyak yang diproduksi kelenjar bawah kulit akan tercampur dengan bakteri dan sel kulit mati. Kotoran inilah yang mengakibatkan sumbatan.

Jerawat bisa berkembang dari jerawat biasa menjadi jerawat batu. Dalam kondisi ini kondisi jerawat akan semakin parah dan bisa merusak wajah.

Oleh karena itu berikut kami sajikan pembahasan  mengenai cara cepat menghilangkan jerawat batu yang bisa anda terapkan di rumah.

Penyebab jerawat batu muncul di wajah


Jerawat yang terlihat bergerombol di daerah wajah inilah yang dikenal sebagai jerawat batu. Pengendapan kotoran di bagian pori-pori wajah bisa menjadi pemicunya.

Kotoran itu selanjutnya berubah menjadi bakteri dan mengakibatkan timbulnya benjolan mirip bisul di bagian wajah. Agar wajah kembali mulus, sangat penting untuk menerapkan cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan tepat.

Jerawat batu merupakan bentuk terparah dari acne vulgaris.  Jenis jerawat ini pada umumnya menyerang areal wajah, tapi bisa juga ditemukan di bagian tubuh lainnya.

Secara ilmiah kondisi ini dinamakan cystic acne. Tekstur dari jerawat ini adalah terlihat benjolan yang di dalamnya terdapat cairan yang berasal dari dalam permukaan kulit. Bila disentuh akan terasa sakit dan bisa mengakibatkan bekas dengan luka yang dalam, sehingga wajah seperti terlihat bolong-bolong.

Untuk detailnya, berikut kami sajikan beberapa Penyebab dari munculnya jerawat batu :
  • karena faktor kelenjar minyak yang sangat aktif,
  • sel kulit mati yang terlalu banyak di dalam pori atau folikel rambut,
  • bakteri,
  • salah dalam memilih kosmetika,
  • faktor hormonal,
  • faktor keturunan,
  • debu yang melekat di wajah,
  • polusi,
  • stres berkepanjangan,
  • dan penggunaan obat-obatan tertentu.
* Secara umum memang penyebabnya sama dengan jerawat biasa dan komedo.

 

 

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami


Agar tidak menimbulkan efek samping negatif sangat penting untuk menghilangkan jerawat batu dengan cara  ampuh dan alami. Apa saja cara alami yang bisa diterapkan?

-Menghilangkan jerawat batu memakai lidah buaya.

Tak hanya baik untuk perawatan rambut, lidah buaya ini juga berkhasiat untuk kecantikan kulit. Kupas kulitnya dan jadikan dagingnya yang bertekstur kenyal untuk dioleskan ke bagian wajah yang terdapat jerawat batu.

Setelah itu diamkan beberapa menit, baru kemudian dibilas dengan air bersih. terapkan cara ini dengan teratur ketika pagi hari dan juga sore hari.

Pada umumnya setelah tiga hari pemakaian, maka jerawat baru akan mengelupas dengan sendirinya. Tidak hanya menghilangkan jerat batu, tanaman ini juga akan menghilangkan bekas jerawat. Sehingga wajah terlihat mulus tanpa meninggalkan jejak jerawat.

-Menghilangkan jerawat batu memakai kentang.

Kentang mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi dan juga diperkaya oleh alkali yang bisa bermanfaat untuk memecah jerawat batu yang dipicu oleh karena adanya penyumbatan di bagian pori-pori kulit.

Penyumbatan ini bisa diakibatkan oleh minyak atau kotoran berlebihan di kulit wajah. Kentang bisa dijadikan masker wajah dengan mengoleskannya dengan merata. Setelah itu biarkan sekitar 20 menit, kemudian dibilas dengan air bersih. Terapkan secara teratur setiap hari, sehingga manfaatnya terasa lebih besar.

-Campuran madu dan putih telur.

Campurkan satu sendok madu dengan putih telur sampai merata. Kemudian dioleskan pada jerawat batu dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya baru dibasuh memakai air bersih. Bila diterapkan secara teratur, ramuan ini terbukti efektif sebagai cara alami menghilangkan jerawat batu.

Back To Top