Cara Cepat Menghilangkan Komedo Di Hidung Secara Alami

Mudah sekali mempraktikkan cara menghilangkan komedo yang membandel di hidung. Kebanyakan orang hanya memencet-mencetnya dengan jari atau pinset khusus. Tapi cara itu justru sangat berisiko karena bisa merobek kulit wajah bahkan infeksi akibat kotoran di kuku atau pinset. 

Supaya tidak gegabah menangani komedo di hidung, sebaiknya pahami dulu setiap penyebab komedo dan metode penghilangannya yang aman.

Kenali Penyebab Komedo

Kaum remaja sering mengalami masalah komedo. Bahkan orang yang sudah berusia dewasa pun masih mengalaminya. 

Komedo merupakan sumbatan pori-pori pada kulit wajah dan hidung yang terdiri dari dua tipe, yaitu komedo blackhead dan whitehead.

Komedo Blackhead

Bentuknya terlihat jelas karena pori-pori yang membesar dengan butiran-butiran hitam yang tampak. Tipe ini merupakan komedo terbuka akibat sel-sel kulit yang telah mati dan menumpuk di area lembab.

Komedo Whitehead

Komedo ini berbentuk butiran-butiran putih yang sangat jelas terlihat di hidung dan lipatan antara pinggiran ujung hidung dan dekat pipi. Pori-pori kulit wajah tersumbat dan menyebabkan butiran-butiran kecil berwarna putih.

Komedo disebabkan oleh kelenjar minyak berlebihan pada kulit wajah dan bisa menjadi jerawat. Penyebabnya karena jenis makanan (gorengan, lemak, dan semacamnya), hingga tipe alat rias/kosmetik. Jadi, penghilangan komedo harus diimbangi dengan perubahan gaya hidup seperti makanan dan alat kosmetik.

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan komedo di hidung? Membasuh muka dengan sabun khusus hanya akan menghilangkan sementara. Atau ketika selesai mencuci muka dengan sabun pembersih, permukaan kulit di wajah dan hidung akan kering dan semakin mudah untuk memencet komedo keluar. Tapi jangan pernah lakukan itu, apalagi jika punya kulit wajah sensitif.

Membersihkan Komedo

Sebetulnya cara membersihkan komedo di hidung sangat mudah diterapkan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, berikut adalah beberapa pilihannya:

1.Lidah Buaya

  • Ambil beberapa helai lidah buaya, lalu potong untuk memperoleh cairannya.
  • Oleskan pada hidung atau bagian kulit wajah yang berkomedo.
  • Selain dengan mengoleskannya, lidah buaya juga bisa dibuat sebagai jus untuk pengobatan.

2.Kulit Jeruk

Gunakan kulit jeruk yang telah dicampur dengan air, lalu oleskan secukupnya.

3.Pasta Gigi

Cara ini tergolong sangat mudah dan murah, karena hanya memanfaatkan sedikit pasta gigi yang dioleskan pada kulit berkomedo.

Putih Telur

Putih telur juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan komedo dengan cepat. Caranya:

  • Pecahkan butiran telur mentah lalu pisahkan bagian putih telurnya.
  • Campurkan putih telur dengan satu sendok madu. Aduk hingga rata dan menyatu.
  • Oleskan campuran tersebut secara merata dan tunggu sekitar setengah jam biar mengering.
  • Basuh dan bilas dengan air hangat.

4.Air Garam

Fungsi garam sebenarnya untuk mencegah produksi kelenjar minyak berlebih. Campurkan satu sendok garam dalam sebaskom air hangat. Basuhlah kulit wajah dengan menggunakan rendaman air hangat tersebut.

5.Es Batu

Cara ini juga sangat praktis dan murah. Ambil sebongkah es batu lalu oleskan pada bagian kulit yang berkomedo. Es batu merupakan cara menghilangkan komedo putih karena pori-pori akan cepat menutup dan melindungi dari debu atau kotoran lain yang masuk ke dalamnya.

Sudah dijelaskan juga bahwa faktor terpenting membasmi komedo adalah mencegah penyebabnya. Jadi percuma jika telah menerapkan beberapa metode di atas namun masih melakukan kebiasaan yang menyebabkan komedo. Oleh karena itu, kombinasikanlah dengan tepat.

Back To Top