Cara Tradisional Menghilangkan Komedo Dengan Cepat Di Wajah

Apa saja cara tradisional menghilangkan komedo? Banyak sekali bahan-bahan alami yang dipakai untuk memberantas komedo. Setiap metode punya keistimewaan dengan hasil yang memuaskan. Mungkin Anda tertarik beberapa produk penghilang komedo yang diiklankan.

Tapi ketahuilah bahwa setiap orang punya tipe kulit dan sensitivitas berbeda. Sehingga solusi paling aman ialah dengan menerapkan cara tradisional. Nah, berikut ini merupakan beberapa metode yang bisa dipraktekkan.

Bersihkan Komedo dengan Lemon


Cara ini sangat populer karena lemon terbukti sangat ampuh sebagai bahan alami perawatan kulit wajah. Nah, kita bisa memanfaatkannya sebagai pemberantas komedo dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama-tama, bersihkanlah kulit wajah dengan air segar dan bisa memakai sabun penyegar yang cocok. Basuhlah merata lalu keringkan dengan handuk lembut.
  • Siapkan satu buah lemon dan potong menjadi dua atau tiga irisan.
  • Ambil potongan lemon, lalu pijatlah seluruh permukaan kulit wajah dengannya. Khusus pada bagian berkomedo, pijat dan tekan agak lama tapi tak perlu berlebihan. Gunakan irisan lemon yang tersisa jika yang telah dipakai sudah kurang berair.
  • Lakukanlah metode ini seminggu tiga kali. Hasilnya akan segera tampak pada kulit wajah yang bersih dan segar.

Bersihkan Komedo dengan Gel Lidah Buaya

Nah, cara ngilangin komedo juga dilakukan dengan memanfaatkan lidah buaya sebagai gel. Sama seperti metode di atas, bersihkanlah wajah terlebih dahulu. Khusus untuk lidah buaya, harus mengambil yang segar atau tidak layu.

  • Potong atau patahkan lidah buaya tersebut sehingga cairannya keluar.
  • Gunakan cairan tersebut sebagai olesan pada bagian kulit yang berkomedo.
  • Setelah sekitar 15 menit, sisa olesan mengering. Basuh dan bilas dengan air segar.
  • Cara ini dilakukan seminggu tiga kali.

Bersihkan Komedo dengan Putih Telur

Penggunaan putih telur adalah cara untuk menghilangkan komedo yang juga bisa diterapkan pada noda atau bekas jerawat. Cuci muka sebersih mungkin dan siapkan telur mentah yang sudah dibuang bagian kuningnya.

Oleskan bagian putih telur ke permukaan kulit yang berkomedo. Setelah sekitar 15 menit, olesan tersebut mengering dan basuhlah dengan air dingin. Metode ini akan lebih efektif hasilnya jika dilakukan seminggu tiga kali.

Bersihkan Komedo dengan Uap Panas

Air rebusan bisa menjadi tips cara menghilangkan komedo yang sangat praktis dan efisien. Namun metode ini harus dilakukan hati-hati dan perlahan. Kalau dirasa tidak berani atau punya kulit wajah terlalu sensitif, jangan sekali-kali mencobanya. Nah, bagaimana caranya?

  • Silakan rebus air hingga benar-benar masak dan mendidih.
  • Setelah air rebusan masak, tuangkan ke dalam wadah atau baskom lebar.
  • Hadapkan wajah tepat di atas wadah tersebut. Jangan terlalu menempel pada rebusan air karena bisa menyebabkan luka bakar.
  • Selama wajah menghadap wadah, uap air akan naik. Selama itulah, tekan bagian kulit yang berkomedo pelan-pelan dengan jari yang bersih atau pinset khusus. Jika semua komedonya sudah keluar, bersihkan dengan handuk lembut yang bersih.
  • Cara ini bisa dilakukan setiap hari sesuai kebutuhan.

Harap diingat bahwa semua metode di atas hanya bisa dipilih satu. Jadi, jangan sampai memadukan dua atau lebih metode. Karena dampaknya bisa menyebabkan kulit wajah iritasi. Sebaiknya sesuaikan metode yang sekiranya nyaman dan tepat bagi kulit wajah. 

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan komedo di wajah dengan cepat. Silakan mencoba dan semoga berhasil.

Back To Top