Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Cepat

Cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat seringkali direkomendasikan karena alasan efektifitas dan hemat. 

Dibanding dengan perawatan rambut di salon kecantikan, perawatan rambut dengan cara alami memang lebih ekonomis karena menggunakan sejumlah bahan alami. 

Bahan-bahan yang dimaksud pun bisa dengan mudah Anda temukan di dapur. Bagaimana cara dan apa saja bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk perawatan rambut rontok secara alami? Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloevera sudah tidak asing lagi dimanfaatkan untuk keperluan perawatan rambut. Di dalam lidah buaya diketahui terdapat kandungan mineral dan vitamin yang bermanfaat menebalkan dan menyuburkan rambut. 

Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa mengambil lidah buaya secukupnya lalu memotongnya menjadi 2 bagian. 

Ambil lendir lidah buaya lalu usapkan pada rambut secara merata sembari dipijat ringan. Biarkan lendir lidah buaya bekerja kurang lebih selama 15 menit kemudian lanjutkan dengan bilas sampai bersih. 

Bila Anda ingin cara merawat rambut rontok yang lebih praktis sekarang pun sudah ada shampoo dan kondisioner lidah buaya yang dijual di pasaran dengan harga yang tidak kalah ekonomis.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi rambut dari polusi. Perawatan dengan teh hijau diyakini tidak hanya membuat rambut kuat, tetapi secara lebih lanjut juga dapat mencegah sejumlah gangguan pada rambut. 

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan menyedu teh secukupnya lalu biarkan satu malam. Gunakan air teh yang sudah basi untuk dioleskan pada kulit kepala secara merata. Perawatan ini baik dilakukan sesaat sebelum keramas.

Kemiri

Siapa sangka kemiri yang selama ini sering digunakan sebagai bumbu dapur juga memiliki manfaat menguatkan rambut supaya tidak mudah rontok. Hal ini karena minyak dalam kemiri bermanfaat menguatkan akar rambut. 

Tips merawat rambut rontok dengan kemiri ini pun mudah dilakukan sendiri di rumah. 

Cukup tumbuk kasar kemiri lalu sangrai. Sesudah disangrai lanjutkan dengan menumpuk kembali kemiri sampai halus dan minyaknya keluar. Gunakan minyak kemiri tersebut untuk creambath sebelum keramas.

Daun Seledri

Dari hasil uji diketahui daun seledri memiliki kandungan bermanfaat untuk rambut. Kandungan bermanfaat tersebut seperti zat besi, kalsium, natrium, vitamin A, dan vitamin B. Ingat merawat dan mencegah rambut agar tidak rontok lebih baik daripada harus mengobati. 

Manfaat daun seledri bahkan sudah terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih sehat, berkilau, dan kuat tidak mudah rontok. Tidak heran bila daun seledri sering digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok secara tradisional.

Bawang Merah

Bawang merah seringkali dihindari karena baunya yang cukup menyengat. Namun, ternyata bawang merah baik dikonsumsi sebagai acar karena kandungannya dapat mencegah rambut rontok. 

Bila Anda memang tidak tahan dengan aroma bawang yang kuat, oleskan saja perasan bawang merah pada kulit kepala pada malam hari sebelum Anda tidur. Di esok harinya bilas sampai bersih menggunakan shampoo yang cocok sampai bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk perawatan rambut rontok. Sangat mudah dan hemat bukan. Merawat dan mengatasi rambut rontok memang sudah semestinya dilakukan dengan cara yang tepat. 

Perawatan dini pun diperlukan karena bila ditunda ancaman kebotakan menjadi satu hal yang mesti Anda waspadai. Semoga bahasan cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat kali ini bermanfaat dalam upaya merawat rambut

Back To Top