Tips Merawat dan Mencegah Rambut Agar Tidak Rontok

Tips agar rambut tidak rontok menjadi satu info yang banyak dicari. Rambut rontok memang menjadi salah satu masalah rambut yang cukup mengganggu. 

Namun, sebelumnya perlu diketahui bahwa kerontokan rambut sebetulnya wajar selama kerontokan tersebut tidak lebih dari 100 helai per hari. Kerontokan sendiri merupakan salah satu cara rambut untuk regenerasi. 

Meskipun demikian ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerontokan yang terjadi berlangsung secara berlebihan. 

Akibatnya masalah kebotakan menjadi satu ancaman yang mesti diwaspadai. Lalu adakah cara mencegah rambut agar tidak rontok?

Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mencegah rambut rontok yang dilakukan. Cara-cara yang diberikan kali ini pun terbilang sederhana, tetapi memberi efek yang luar biasa. 

Tanpa disadari ternyata kerontokan rambut dapat dicegah dengan melakukan perawatan sederhana sebagai berikut:

Memenuhi Asupan Rambut

Asupan nutrisi yang Anda makan setiap hari tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh dan kulit saja. Lebih lanjutnya rambut juga membutuhkan asupan nutrisi lengkap agar tetap sehat dan tumbuh kuat. Dari hasil penelitian diketahui rambut memiliki susunan protein yang salah satunya berupa protein keratin. 

Supaya produksi rambut tetap berjalan optimal, sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan protein harian secara seimbang. Adapun sumber protein bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi telur, ikan, daging, keju, dan susu. 

Memenuhi asupan rambut ini pun menjadi salah satu tips mencegah rambut rontok yang cukup ampuh dan mudah dilakukan.

Minimalisir Penggunaan Hairdryer

Bila sebelumnya Anda memiliki kebiasaan mengeringkan rambut dengan hairdryer, maka hentikan kebiasaan tersebut. Cukup keringkan rambut dengan kipas angin atau diangin-anginkan saja. 

Dalam hal ini tidak dibenarkan pula untuk menggosok-gosok rambut dengan handuk. Penggunaan hairdryer dan menggosok rambut dengan handuk hanya akan membuat rambut menjadi rapuh, kering, dan mudah rontok.

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Cara agar rambut tidak rontok selanjutnya yaitu dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang. Mengikat rambut terlalu kencang sampai pori-pori rambut terlihat dapat meningkatkan resiko kerontokan. Selain itu, hindari pula mengikat rambut saat masih basah karena keringat atau baru selesai keramas. 

Kebiasaan mengikat rambut saat basah dapat menghambat sirkulasi udara sehingga rambut cenderung lembab yang lambat laun menyebabkan masalah ketombe dan rambut rontok.Oleh karenan itu, urai rambut Anda dan pastikan kering sebelum mengikatnya.

Hindari Penggunaan Rambut Palsu

Penggunaan rambut palsu terlalu sering menyebabkan folikel rambut tidak dapat bernapas secara bebas. Kondisi di kulit kepala seringkali menjadi panas dan lembab. Akibatnya rambut lebih rapuh dan mudah rontok. 

Penggunaan rambut palsu disini sama halnya dengan penggunaan topi, helm, dan jilbab yang terlalu lama. Namun, jika profesi Anda mengharuskan penggunaan rambut palsu dalam setiap hari upayakan untuk melakukan perawatan khusus.

Mengendalikan Emosi

Cara merawat rambut agar tidak rontok bisa juga Anda coba dengan mengendalikan emosi. Pasalnya faktor psikologis seperti stress, depresi, dan emosi menjadi satu faktor penyebab rambut rontok. 

Tips ini pun sangat penting untuk wanita yang mana seringkali mengalami perubahan mood cukup drastis. 

Perlu diketahui saat Anda stress atau saat pikiran sedang galau cenderung menyebabkan ketegangan pada urat syaraf di lapisan kulit kepala, sehingga memicu rambut rontok.

Demikian tips mencegah rambut agar tidak rontok. Ingat merawat dan mencegah rambut agar tidak rontok lebih baik daripada harus mengobati. 

Sekian ulasan tentang tips agar rambut tidak rontok kali ini. Semoga dapat memberi tips-tips yang bermanfaat untuk Anda yang tengah giat merawat rambut.

Back To Top