Beras Merah Untuk Diet Karbohidrat

Pernahkah Anda mendengar jenis beras yang satu ini. Beras yang memiliki warna merah dan ketika ditanak menjadi nasi, maka warnanya juga akan merah. Sehingga disebutlah dengan nasi merah. 

Secara umum, rasa dari nasi merah tidak begitu berbeda dengan nasi putih. Hanya karena orang-orang jarang mengkonsumsi nasi merah, jadi menganggap rasa dari nasi merah kurang enak. Padahal tidak begitu jauh dengan pulennya nasi putih. 

Nasi merah dikenal memiliki manfaat yang lebih baik daripada nasi putih. Sehingga banyak orang yang sedang berlomba-lomba untuk diet, menjadikan nasi merah dalam diet mereka. 

Terlebih bagi Anda yang sedang menjalankan diet karbohidrat, maka diet dengan mengkonsumsi nasi merah terbilang tepat. 

Apa penyebab beras merah begitu paling mendukung Anda yang sedang menjalankan diet terutama untuk diet gizi makro karbohidrat, berikut alasannya.

Beras Merah Kaya Kandungan Serat

Beras merah adalah bahan pangan yang terkenal memiliki kandungan serat yang kaya. Sehingga sangat menunjang untuk menurunkan kelebihan berat badan. Mengkonsumsi bahan pangan yang kaya serat menajdikan perut merasa kenyang dalam waktu lama. 

Sehingga Anda tidak akan tergoda untuk banyak mengkonsumsi camilan atau makanan lain selama diet. Sebab perut Anda sudah kenyang dengan mengkonsumsi nasi dari beras merah.

Beras Merah Rendah Indeks Glikemik

Beras merah memiliki kandungan yang terbilang rendah untuk indeks glikemik. Jelas baik bagi kesehatan tubuh Anda selama menjalankan diet. Dengan mengkonsumsi bahan pangan rendah indeks glikemik, maka akan lebih mengoptimalkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Anda tidak perlu khawatir terjadi kenaikan gula darah selama menjalankan diet karbohidrat.

Beras Merah Kaya Vitamin B6

Beras merah adalah bahan pangan yang jelas kaya dengan vitamin B6. Sebagai vitamin larut air, vitamin B6 akan menjadi penyeimbang sistem kerja metabolisme tubuh selama Anda diet. 

Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir terjadi perubahan atau efek samping di dalam tubuh. Sebab beras merah untuk diet yang kaya dengan vitamin B6 akan menyeimbangkan jumlah sel eritrosit, DNA, serta hormon serotonin.

Beras Merah Kaya Mineral

Beras merah selain kaya dengan vitamin B6 juga kaya dengan mineral. Mineral zat besi terdapat dalam beras merah. Selama Anda diet, peran dari zat besi akan menjaga jumlah energi di dalam tubuh. Sehingga selama diet tidak akan terjadi kekurangan energi. 

Mineral zat besi juga akan membuat Anda terlindungi dari serangan radikal bebas. Kemudian terdapat pula mineral zinc yang mempertahankan kondisi sistem daya tahan tubuh selama Anda diet.

Beras Merah Pencegah Kolesterol Jahat

Selama Anda menjalankan diet dengan konsumsi nasi merah dari beras merah, maka Anda akan memperoleh peran terbaik ini. Yaitu, tubuh akan mampu dicegah dari serangan kolesterol jahat. 

Jelas karena beras merah adalah sumber nabati dan itu sama sekali tidak mengandung kolesterol. Sehingga diet yang Anda jalankan akan tetap terbilang sebagai diet yang aman dan sehat meskipun melakukan diet dari sebuah sumber gizi makro saja.

Anda kini sudah memahami alasan mengapa beras merah lebih dipilih dalam menjalankan diet karbohidrat. Semua manfaat yang diberikan oleh beras merah akan cepat terserap di dalam tubuh Anda. Dengan menanaknya menjadi nasi merah, maka diet tersebut adalah diet yang dianjurkan.

Bahkan ketika diet yang Anda jalankan sudah berhasil, maka jangan menghindari konsumsi nasi dari beras merah. Tetap jadikan beras merah sebagai menu sehari-hari agar Anda selalu sehat.

Back To Top