Camilan Sehat untuk Diet

Camilan sehat untuk diet menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda yang sedang menjalankan program diet namun suka lapar. 

Camilan khusus untuk Anda yang sedang diet tentunya harus rendah kalori sehingga meski Anda sering mengkonsumsi camilan-camilan ini, Anda tak perlu cemas program diet Anda menjadi berantakan. 

Lantas, camilan apa saja yang masuk ke dalam kategori camilan sehat untuk diet? Berikut informasinya untuk Anda.

Agar-agar/ jelly

Tahukah Anda jumlah kalori pada agar-agar tergolong sangat rendah. Teksturnya yang kenyal juga membantu Anda cepat merasa kenyang. 

Agar jauh lebih nikmat dan sehat, Anda bisa tambahkan irisan buah-buahan segar atau topping madu murni ataupun susu rendah kalori. 

Total kandungan kalori pada agar-agar hanya sekitar 70 hingga 80 kalori saja. Agar-agar sangat mudah untuk dibuat dan dikreasikan menjadi hidangan sehat lainnya.

Biji-bijian

Camilan sehat untuk diet lainnya yaitu biji-bijian. Biji-bijian kaya akan kandungan karbohidrat kompleks dan juga rendah lemak. Kandungan karbohidrat kompleks membuat perut tetap kenyang hingga beberapa jam. 

Contoh olahan biji-bijian yang lezat dan cocok dijadikan camilan ada popcorn. Akan tetapi jangan campur popcorn dengan pemanis seperti gula, susu kental manis, dan jenis pemanis lainnya. sebagai gantinya, Anda boleh tambahkan sedikit garam halus atau cabe bubuk.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat sehat untuk dikonsumsi karena mengandung serat tinggi. kacang-kacangan juga berperan dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. 

Peran penting lainya dari kacang-kacangan yaitu membantu tubuh meningkatkan produksi serotonin pada tubuh. ketika malam hari lapar, kacang tanah rebus hangat bisa menjadi pilihan camilan yang sehat dan aman untuk Anda yang sedang diet. 

Beberapa jenis kacang-kacangan lainnya yang juga direkomendasikan untuk dijadikan camilan sehat antara lain walnut, pistaschio, kacang mete, kacang pecan, kacang brazil, dan kacang kedelai.

Sayuran dan buah-buahan

Semua jenis sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk orang yang sedang diet. Ada beberapa jenis sayuran yang memiliki keunggulan tersendiri seperti tomat dan wortel yang kaya akan zat antioksidan (penangkal zat-zat radikal bebas) dan juga kaya akan vitamin. 

Kemudian sayuran-sayuran hijau yang kaya akan zat besi dan serat tinggi. Jadi dengan mengkonsumsi sayuran hijau, perut akan kenyang dan tubuh akan selalu segar dan aktif karena suplai zat besi dalam tubuh terbilang cukup. 

Brokoli tinggi akan kandungan proteinnya. Brokoli cocok sekali dijadikan camilan di siang hari. Cukup direbus saja selama 2 atau 3 menit lalu santap hangat-hangat. 

Nah, untuk jenis sayuran lainnya, cara pengolahan terbaik yaitu dengan merebusnya selama 10 menit saja agar kandungan nutrisi pada sayur tetap utuh.

Cokelat hitam

Cokelat hitam memiliki banyak manfaat untuk tubuh. sebut saja salah satunya yaitu mencegah terjadinya pembekuan darah di bagian otak dan jantung. 

Mengkonsumsi cokelat hitam juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari sengatan sinar UV. Umumnya kulit akan mengalami iritasi (memerah) apabila terkena sengatan sinar UV berlebih. 

Cokelat juga mengandung zat plavonoid yang bermanfaat untuk mengatur kadar gula dalam darah. Nah, agar tidak terlalu pahit ketika dikonsumsi, Anda bisa mencampurkan cokelat hitam dengan bahan-bahan makanan sehat lainnya.

Daging kalkun

Berbeda dengan daging biasa  yang pada umumnya kandungan kalorinya tinggi (kecuali daging merah), tidak dengan daging kalkun. Daging kalkun begitu kaya akan kandungan protein yang sangat baik untuk menambah kekuatan pada otot-otot dalam tubuh. 

Anda dapat mengolah daging kalkun menjadi daging asap untuk kemudian dijadikan bagian dari isi sandwich. Pastikan lembaran roti sandwich Anda adalah dua lembar roti gandum agar jumlah kalori Anda per-hari tetap terjaga. Bagaimana, tak sabar untuk mencicipi camilan sehat untuk diet?

Back To Top