Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat

Siapa yang tidak kenal dengan buah tomat? Bagi ibu-ibu buah tomat bisa dibilang sebagai bahan makanan yang sangat familiar. Apalagi bagi para penyuka sambal. Keberadaan tomat pastinya akan sangat dikenal. Belum lagi penyuka hidangan sup. Meski demikian ternyata tomat juga bisa digunakan untuk perawatan wajah karena cara menghilangkan jerawat dengan tomat ternyata cukup efektif. 

Buah yang satu ini memang dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Faktanya, tomat tidak hanya nikmat untuk diolah menjadi berbagai bahan masakan atau segar menyehatkan jika diminum sebagai jus. Ternyata ada juga lho cara menghilangkan jerawat dengan tomat. Sebagian besar dari kita mungkin masih merasa asing dengan cara yang satu ini. Simak kelanjutan artikel ini untuk mendapatkan info yang lebih detil.

Buah tomat sendiri memiliki rasa yang asam dan segar. Kandungan vitamin A dan C dalam buah ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan 2 buah tomat. Blender 2 buah tomat ini sampai halus seperti adonan bubur. Setelah halus baru bisa kita oles-oleskan sampai merata ke seluruh bagian wajah baik bagian wajah yang bermasalah ataupun tidak.

Setelah dioleskan sampai merata, diamkan selama 1 jam. Hal ini diperlukan agar olesan tomat bisa meresap sempurna di bagian kulit wajah sehingga seluruh nutrisi di dalamnya bisa terserap sempurna. Setelah 1 jam baru basuh bagian muka dengan menggunakan air hangat. Keringkan bagian wajah dengan menggunakan lap atau kain dengan tekstur halus. Cukup ditepuk-tepuk saja agar tidak melukai kulit wajah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah melakukan perawatan ini secara rutin setidaknya selama 1 minggu.


Cara lain untuk menghilangkan jerawat dengan buah tomat adalah memadukannya dengan buah ketimun. Cukup siapkan 1 buah tomat dan 1 buah ketimun. Blender kedua bahan ini sampai halus mirip dengan adonan bubur. Gunakan blenderan kedua bahan ini sebagai masker wajah sampai merata baru kemudian diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah kering baru cuci wajah dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk halus dengan cara ditepuk-tepuk sampai kering merata.

Selain untuk menghilangkan jerawat, buah tomat ternyata juga bisa dipakai untuk mengecilkan pori-pori kulit yang besar. Hal ini bermanfaat untuk meminimalisir masuknya kotoran yang menyebabkan infeksi. Untuk itu, kita hanya perlu mencampur 1 sdm jus tomat segar dengan 3 tetes air jeruk nipis dan usapkan pada wajah dengan bola-bola kapas. Selain itu, tomat juga bisa mengatasi kulit berminyak. Cukup buat jus dari ketimun dan tomat lalu usapkan merata ke seluruh bagian wajah.

Tomat ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah komedo. Untuk ini kita bisa menggabungkan alpukat dengan masker tomat. Cukup lumatkan 1 buah tomat dengan alpukat. Kandungan vitamin A, C dan E dalam kedua bahan ini bisa mengatasi komedo dan melembabkan wajah. Manfaat lain dari buah tomat adalah menyembuhkan radang pada bagian kulit. Parut ½ buah tomat dan campur dengan 2 sdm yohurt polos lalu oles di bagian wajah , leher, tangan dan juga kaki untuk melembutkan dan menjaga elastisitas kulit.Demikian artikel tentang Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat. Temukan artikel menarik lainnya di Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis

Back To Top